Buka di Mal, Pelayanan SiJempol Diserbu Warga

By DPMPT 09 Apr 2019, 13:12:16 WIB Balikpapan
Buka di Mal, Pelayanan SiJempol Diserbu Warga

[Arsip] Pelayanan SiJempol dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan yang digelar di Plaza Balikpapan, Kamis (15/11) lalu, ternyata mendapatkan antusias luar biasa dari warga. Stan konsultasi mengenai perizinan pun diserbu. Konsultasi izin usaha yang paling mendominasi.

Perizinan yang menjadi idola pada hari pertama kegiatan SiJempol di Plaza Balikpapan adalah tanda daftar perusahaan (TDP). Ini adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan pelaksanaannya. Memuat hal-hal yang wajib didaftarkan setiap perusahaan serta disahkan pejabat yang berwenang. 

Setiap perusahaan wajib memiliki TDP baik berbentuk badan hukum, koperasi, perorangan, dan lain-lain. Setiap perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas (PT), koperasi, persekutuan komanditer (CV), firma (Fa), perorangan, dan bentuk usaha lainnya (BUL), termasuk perusahaan asing dengan status kantor pusat, kantor tunggal, kantor cabang, kantor pembantu, anak perusahaan, agen perusahaan, dan perwakilan perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan usahanya di wilayah Indonesia wajib didaftarkan dalam daftar perusahaan. 

“Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan. Atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan melampirkan surat kuasa,” ujar Kepala DPMPT Kota Balikpapan, Elvin Junaidi. 

Untuk tanda daftar perusahaan sendiri berlaku selama perusahaan tersebut masih beroperasi dan wajib didaftarkan ulang setiap lima tahun. Perusahaan yang dikecualikan dari wajib daftar perusahaan adalah setiap perusahaan yang berbentuk jawatan (perjan). Sebuah perusahaan kecil perorangan yang tidak memerlukan izin usaha.

Dasar hukum dari TDP adalah  Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37/M-DAG/PER/2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan, Peraturan Wali Kota (Perwali) Balikpapan Nomor 23 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Wali Kota Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan kepada DPMPT Kota Balikpapan.

Untuk persyaratan SIUP sendiri adalah pemohon mengisi formulir TDP secara lengkap dan benar dilengkapi tanda tangan, materai, stempel, fotokopi e-KTP penanggung jawab/pimpinan/pemilik usaha/pimpinan cabang/pimpinan perwakilan.

Kemudian fotokopi akta pendirian perusahaan, akta perubahan perusahaan yang telah disahkan di pengadilan negeri (CV/firma) atau telah memiliki SK Menteri Hukum dan HAM untuk masing-masing akta baik pendirian dan perubahan), akta pendirian cabang atau surat keterangan sebagai kantor cabang (untuk kantor cabang/perwakilan), fotokopi NPWP perusahaan, fotokopi izin teknis/izin operasional (disesuaikan dengan kegiatan usaha yang akan tercantum dalam TDP/bidang usaha utama).

Selanjutnya surat pernyataan perpanjangan TDP (perpanjangan tanpa ada perubahan), surat penunjukan kepala cabang/kepala perwakilan yang ditunjuk langsung oleh direksi perusahaan, surat kuasa pengurusan perizinan apabila pengurusan perizinan bukan direktur langsung atau menggunakan pihak ketiga.

Pada kegiatan SiJempol kali ini banyak sekali warga yang mendatangi booth SiJempol, warga sangat terbantu dengan kegiatan inovasi pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan.

Salah satunya Ernawati. Salah seorang staf HR dari di salah perusahaan di kawasan Markoni, Jalan Jenderal Sudirman. Perempuan berkacamata ini sangat terbantu dengan hadirnya SiJempol di pusat perbelanjaan. Hal tersebut diungkapkannya saat berkonsultasi mengenai persyaratan SIUP dan TDP perpanjangan untuk perusahaan tempat dia bekerja.

Pada kegiatan SiJempol ini beberapa staf diturunkan untuk memperkuat beberapa lini. Selain diberi tugas untuk menerima konsultasi, staf ini turun langsung untuk memberikan penyuluhan perizinan ke tenant-tenant bahkan ke tempat usaha yang berada di sekitar Plaza Balikpapan.

Pada hari kedua, pelayanan SiJempol di Plaza Balikpapan juga dilakukan penyerahan secara simbolis SIUP dan TDP satu hari oleh kepala DPMPT Kota Balikpapan yang diwakili oleh kepala Bidang PLIK didampingi Kasi Pengaduan dan Layanan Informasi, Kasi Analisa, Kebijakan, dan Penyuluhan kepada pelaku usaha atau pemohon perizinan.

Kasi Pengaduan dan Layanan Informasi DPMPT Kota Balikpapan yang juga koordinator kegiatan SiJempol (Sistem Jemput Bola Langsung) ini juga menambahkan, bagi masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai persyaratan perizinan bisa mengunduh formulir di website DPMPT balikpapan.go.id. Sementara bila masyarakat ingin mengecek izin terbit perusahaan atau perseorangan bisa menghubungi call center DPMPT Kota Balikpapan baik telepon, SMS bahkan WA di nomor 0815-4500-0010 atau 0815-4500-0013. (ono/rus/k1) 

 

sumber: http://balikpapan.prokal.co/read/news/239452-buka-di-mal-pelayanan-sijempol-diserbu-warga.html




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


Iklan Sidebar Kanan

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, Youtobe, Instagram, Google+ dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Tag Berita

Jejak Pendapat

Bagaimana tampilan website baru kami?
  Bagus, Sangat Informatif
  Cukup Informatif
  Kurang Informatif

FAST LINK

Komentar Terakhir