Pantai Manggar

Kawasan wisata yang paling terkenal di Balikpapan ini berada di kelurahan manggar dan Teritip , Kecamatan Balikpapan Timur . Pantai manggar memiliki karateristik yang berbeda dengan pantai – pantai  di pulau jawa atau bali.  Perbedaaan manggar paling mencolok adalah keberadaaan pohon cemara di sepanjang pesisir . Pantai manggar memilki  luas kawasan 13.000 m², berada di jalur selat makasaar . Pengunjung  bisa bersantai di pantai ini setiap hari mulai pukul 06.00- 18 .00 Wita. Manggar  tidak hanya di kunjungi warga di kota ini , Masyarakat dari kabupaten dan kota – kota sekitar . Data unit pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Dinas parawisata pantai manggar mencatat jumlah kunjungan rata – rata 3.000 hingga 5.000 orang tiap pekan . Investasi yang di tawarkan  di pantai manggar adalah sebagai objek wisata ini, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan. 
Sebagai atraksi bisnis pada sumber daya pantai , kawasan Pantai manggar memiliki potensi sebagai berikut;


1. Lebar Pantai
Manggar memiliki lebar sekitar 50 meter saat surut . Hal ini merupakan salah satu daya tarik yang unik dan jarang di miliki pantai indonesia. Lebar pantai dapat di manfaat kan sebagai zona aktivitas berbasis outdoor recreation dengan karakteristik active – expresive active.


2. Komposisi Pantai
Pantai ini memiliki pesisir yang halus dengan warna putih kecoklatan – coklatan dan ombak sedang , sehingga berpotensi sebagai kegiatan wisata air

 

3.  Karateristik Pantai
Pantai manggar ideal di kembangkan sebagai kawasan wisata . Hal ini karena luas wilayah belakang pantai dengan kontur landai . Kondisi ini berpotensi dilakukan pengembangansarana dan prasarana wisata.

 

4. Sarana 
Jaringan listrik dan air bersih telah tersedia di pantai manggar . Tetapi dalam upaya mendapatkan segmen pasar dengan kualifkasi yang lebih tinggi

 

5 . Aksesbilitasi 
Secara umum, akses jalan menuju pantai Manggar cukup baik. Kawasan wisata ini bisa di jangkau dengan alat tranportasi apapun . Jalan ke pusat kota juga relatif dekat . Pantai kini terpaut 9 kilometer dari Bandara Sepinggan.