Izin Lokasi


  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang no. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Izin Mendirikan Bangunan
  5. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 05/PRT/M/2016 Tanggal 22 Februari 2016 tentang Izin Mendirikan Bangunan
  6. Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Bangunan Gedung.
  7. Peraturan Walikota Balikpapan Nomor 23 Tahun 2018 tentang Perubahan atas peraturan Walikota Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Kepada DPMPT
1 Pemohon mengisi Formulir Izin Lokasi secara lengkap dan benar
2 Fc. KTP Penanggung Jawab/Pimpinan/Pemilik Usaha/Pimpinan Cabang/Pimpinan Perwakilan
3 Fc. Akte Pendirian Perusahaan, Akte Perubahan Perusahaan 
4 Fc. Izin-izin teknis yang dimiliki
5 Fc. NPWP dan NPWPD Perusahaan 
6 Fc. Surat tanah (Sertifikat, IMTN/Segel)
7 Surat pernyataan pemilik lahan (Asli)/Akte Jual Beli
8 Gambar Site Plan sementara (Gambar rencana bangunan)
9 Foto Rona awal lokasi rencana kegiatan
10 Peta lokasi rencana kegiatan terhadap RTRW Kota Balikpapan sesuai dengan Informasi Tata Ruang dari DPPR
11 Peta Kontur Eksisting Lokasi Rencana Kegiatan 
12 Peta titik GPS Overlay peruntukan (Peta Bidang Lahan)
13 Izin Prinsip yang masih berlaku
14 Dokumen rencana pemanfaatan tanah (proposal), dengan format :
BAB I. PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang 
2 Maksud dan Tujuan
BAB II. ARAHAN DAN DASAR KEGIATAN
1 Gambaran umum lokasi kegiatan 
2 Dasar pembangunan 
BAB III. RENCANA PENGELOLAAN & INVESTASI PEMBANGUNAN FISIK BANGUNAN DAN LINGKUNGAN 
1 Rencana pemanfaatan lahan
2 Pengelolaan Lingkungan 
3 Spesifikasi Bangunan
4 Sarana & Prasarana
BAB IV. RENCANA OPERASIONAL
1 Penjadwalan Pelaksanaan 
2 Perhitungan kebutuhan Tenaga Kerja Lokal dan Pendatang
3 Perhitungan Rencana Investasi
BAB V. PENUTUP

Tidak ada masa berlaku

Selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja setelah diterimanya berkas lengkap dan benar

1 Pemohon mengambil nomor antrian loket
2 Mengambil formulir dan persyaratan perizinan di loket 1/2
3 Pemohon menyerahkan berkas perizinan untuk verifikasi secara administrasi di loket 3/4
4 Pemohon menerima tanda terima berkas permohonan
5 Setelah izin selesai, pemohon mengambil Izin Lokasi di loket pengambilan

Tidak ada Biaya (Gratis)