Kawasan Industri Kariangau


Melihat tren pertumbuhan perekonomian kota Balikpapan yang sangat baik , maka Pemerintahan Daerah menyiapkan kawasan ekonomi terpadu dengan nama kawasan industri kariangau yang biasa di singkat KIK. Luas area wilayah 2.189,93 hektare.

Prospek pengembangan KIK sangat menjanjikan , mengingat landasan hukum mengenai kawasan industri ada pada Praturan Pemerintahan Nomor 24 tahun 2009 pasal 7 , yang akan menyebutkan bahwa perusahaan industri yang akan menjalankan kegiatannya setelah peraturan ini berlaku, wajib berlokasi di kawasan industri.

Perencanaan dan pengembangan kawasan ini di lakukan secara komprehensif dengan memperhatikan ; pengaturan dan pemanfaatan lahan, fungsi kegiatan utama dan pendukung serta menjaga keseimbangan ekosistem dengamempertahan kan kawasan preservasi , sehingga kawasan ini tidak hanya memusatkan kegiatan  perindustrian , tapi sekaligus menggabungkan nya  dengan kawasan wisata dan pelestarian lingkungan.

KIK berada di kawasan pesisir . Posisi ini amat menguntung kan , karena mempermudah investor menyangkut dan mendistribusikan produknya dari dan ke Balikpapan. Kawasan ini juga memiliki pelabuhan internasional peti kemas dengan luas 150.000 m2 atau 15  hektare , yang di peruntungkan sebagai pelayanan peti kemas , general cargo, curah dan pengapalan batu bara. Pelabuhan peti kemas akan di kembangkan dengan rencana pembangunan ; dermaga peti kemas sepanjang 650 meter (5 (BERTH) , dermaga terminal multi purpose sepanjang 520 metter (4 BERTH)  lapangan penumpukan seluas 33, 258 meter persegi, dermaga terminal curah sepanjang 260 meter (2 BERTH) dan pengerukan alur dan penampahan stockpiling untuk terminal batu bara sebanyak 8 (delapan) buah (150 m x 82 ,25     m).

Kawasan industri di KIK akan menempati lahan seluas 640,30 hektare yang terbagi dalam kawasan industri kecil , menengah dan besar . Kawasan penunjang fasilitas umum dan sosial ( perumahan, pendidikan , tempat ibadah, dll) seluas 263,05 hektare . Sementara kawasan konservasi dan preservasi 687,87hektare , perumahan 187 ,95 hektare , hutan kawasan 63,98 hektare , area buffer 186,28 hektare , pelabuhan 64,22 hektare , pergudangan 32,47 hektare dan aandrygunawan6rea power plant 63, 81 hektare ,total seluruh kawasan seluas 2.189,93 hektare. Saat ini pembangunan KIK terus berlangsung . Untuk akses jalan masuk telah di kerjakan melalui beberapa tahapan .

 

Utilitas dan infrastruktur yang di rencanakan untuk KIK meliputi ;
1. Pasokan listrik dengan kapasitas 350 Megawatt dari PT .PLN dan PT Kaiangau  Power.
2. jalur telepon langsung dari PT. Telkom , STO (Sentra Telepon Otomatis ) KIK di bangun dua jalur .
3 . Air bersih  di salurkan dari waduk Sungai wain  ke reservior KIK dengan kapasitas 35.000 m3/ hari , dengan tekanan air 1-2 bar..
4. Hidaran pemadam kebakaran di tempatkan pada tempat tertentu .
5. instalasi pengolahan limbah dengan kapasitas yang di rencanakan sebesar 18.000m3/ hari.
6. perlindungan terhadap petir menggunakan sisterm eletronik.
7. Gas alam di pasok PT. Perusahaan Gas Negara (PGN).
8. Askes jalan dalam kawasan terdiri dari jalan arteri dan jalan sekunder berupa jalan aspal masing – masing dengan 4 (empat ) jalur.

 
Beberapa jenis industri di rekomendasikan bagi pengembangan KIK di dasarkan pada skala prioritas potensi usaha di Balikpapan . Penentuan skala prioritas mempertimbangkan kriteria seperti ; aspek kebutuhan ( permintaan dan suplai ) , aspek teknis (ahli teknologi) , aspek ekonomi ( finansial) dan aspek perizinan (hukum).


Jenis industri yang di rekomendasikan beroperasi di KIK  di utamakan untuk industri hilir , sehingga dapat langsung di pasarkan ke luar wilayah , seperti ;
industry pengolahan karet , pengolahan sawit, pengolahan kakaodan kopi , pengolahan pakan ikan dan ayam , briket batu bara , pengolahan minyak dan gas, serta industri bahan makanan dan minuman.
KIK akan di kembangkan menjadi kawasan perkotaan berbasis kegiatan industri .pengelolahan KIK di lakukan oleh PT Kawasan Industri Kariangau , sebuah perusahaan milik Pemerintah Kota Balikpapan. Namun peluang sebagai pengembangan atau pengelola  KIK juga di tawarkan dengan tetap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan.

Layanan Informasi / Keluhan

0542 - 8512311
Pendaftaran Online | http://investasi.balikpapan.go.id/main/pendaftaran_online2
E-mail| dpmpt@balikpapan.go.id | dpmpt.bpp@gmail.com
Social Media| facebook : dpmpt bpp, instagram : @dpmpt_bpp
DPMPT
Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu
Jl. Ruhui Rahayu I RT. 8 No. 9, Kel. Sepinggan Baru, Kec. Balikpapan Selatan, Balikpapan
Hak Cipta DPMPT, Balikpapan 2017 Dilindungi Undang-Undang