DPMPT Kota Balikpapan Hadir Kembali dengan Inovasi "PUAS" Perizinan Untuk Anda Semua

Thursday - 16 November 2017 - Dibaca: 602 kali

Perkembangan investasi yang berkelanjutan menuntut pemerintah untuk berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Balikpapan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat khususnya dalam pelayanan izin di Kota Balikpapan. Inovasi dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat secara konsisten telah dilakukan oleh DPMPT Kota Balikpapan, sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan prima.

 

Setelah diluncurkan layanan SOS (Solusi Orang Sibuk) pada tahun 2016, pada tahun 2017 DPMPT Kota Balikpapan kembali menghadirkan inovasi pelayanan PUAS (Perizinan Untuk Anda Semua). Bapak Elvin Junaidi selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Balikpapan secara resmi telah membuka launching Inovasi PUAS pada tanggal 26 Oktober 2017 yang dihadiri oleh segenap Perangkat Daerah Kota Balikpapan, unsure masyarakat dan pelaku usaha. Inovasi PUAS disusun untuk member kemudahan dan kejelasan kepada investor khususnya dalam pengurusan Izin Pemanfaatan Ruang di Kota Balikpapan. Melalui Inovasi PUAS diharapkan mampu meningkatkan daya saing Kota Balikpapan terutama dalam hal ease of doing business sekaligus dapat mewujudkan Kota Balikpapan sebagai kota ramah investasi.

 

Siti Patimah sebagai Kasi Perizinan Pemanfaatan Ruang I sekaligus penyusun menyebutkan bahwa “Inovasi PUAS (Perizinan Untuk Anda Semua) hadir untuk memberikan pelayanan yang komplit kepada masyarakat dalam pengurusan Izin Pemanfaatan Ruang. Inovasi PUAS menyediakan Buku Pintar Perizinan Pemanfaatan Ruang sebagai panduan bagi petugas dan masyarakat dalam pengurusan Izin, pelayanan klinik perizinan sebagai solusi permasalahan perizinan, perizinan paket yang memberikan kemudahan dan percepatan perizinan serta template Proposal Permohonan Izin sebagai panduan dalam penyusunan proposal pengajuan izin”.

Masyarakat dapat memanfaatkan layanan perizinan paket untuk mengurus perizinan terkait secara simultan. Paket perizinan yang ditawarkan diantaranya adalah Izin Paket A, B dan C. Izin Paket A meliputi lima izin, yaitu Izin Prinsip Penanaman Modal (IPPM), Izin Prinsip, Izin Lokasi, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Izin Paket B meliputi Izin Prinsip Penanaman Modal (IPPM), Izin Prinsip dan Izin Lokasi. Izin Paket C meliputi Izin Prinsip dan Izin Lokasi.

Sebagai panduan dalam penyusunan proposal izin tersedia juga template proposal perizinan berdasarkan jenis izin dan kegiatan yang diperlukan oleh masyarakat. Template proposal perizinan yang tersedia diantaranya adalah Template Proposal Izin Prinsip, Izin Lokasi, IPPT, Izin Paket A, Izin Paket B, Izin Paket C. Untuk template Izin Prinsip terdiri dari tiga macam template, yaitu template untuk kegiatan perdagangan, jasa dan industri, template proposal izin prinsip perumahan dan template proposal izin prinsip menara telekomunikasi. 

Syafaruddin selaku Kabid Perizinan Pemanfaatan Ruang sekaligus sebagai Mentor menyebutkan bahwa “Dengan diluncurkannya inovasi PUAS (Perizinan Untuk Anda Semua) diharapkan mampu menjawab permasalahan perizinan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan Perizinan Pemanfaatan Ruang.




Layanan Informasi / Keluhan

0542 - 8512311
Pendaftaran Online | http://investasi.balikpapan.go.id/main/pendaftaran_online2
E-mail| dpmpt@balikpapan.go.id | dpmpt.bpp@gmail.com
Social Media| fb : dpmpt bpp, instagram : @dpmpt_bpp
DPMPT
Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu
Jl. Ruhui Rahayu I RT. 8 No. 9, Kel. Sepinggan Baru, Kec. Balikpapan Selatan, Balikpapan
Hak Cipta DPMPT, Balikpapan 2017 Dilindungi Undang-Undang